PROSIDING SEMINAR NASIONAL STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) SOSIO-RELIGIUS ANAK USIA DINI

post-img

Read More

Pendidikan karakter tidaklah seperti jenis pendidikan yang lainnya yang cukup dipahami dari aspek kognitif saja. Di sini karakter lebih pada pertumbuhan atas sesuatu yang sudah ada laten di dalam diri anak. Karakter baik tidak bisa diajarkan sebenarnya, tetapi dapat ditumbuhkan dari dalam diri anak tersebut, sebab bibit-bibit kebaikan sudah ada di dalam diri anak itu. Kalau pun pendidikan kemudian mengajarkan tentang kebaikan, maka anak tersebut mungkin menerimanya secara kognitif saja. Buku ini menjawab dengan mendalam dalam beberapa aspek keilmuan.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL (SEMAYA IV): PENGUATAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

post-img

Read More

Proseding Penguatan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar memuat problema kekinian dalam praktek penyelenggaran pendidikan yang mengikuti perkembangan gaya hidup masyarakat. Teknologi informasi memberikan pengaruh yang begitu kuat. Tujuan pendidikan agama adalah membentuk sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter unggul. Bagaimana gaya hidup masyarakat dalam era revolusi industri 4.0 ini dapat disinergikan dengan pendidkan melalui proses pembelajaran formal di suatu institusi pendidikan diungkap dari berbagai perspektf pada prosiding ini,

 

MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA PENGAWAS AGAMA HINDU

post-img

Read More

Buku ini terkait peningkatan profesionalitas guru dalam bidang pendidikan agama  yang tidak lepas dari adanya pengaruh motivasi dan budaya kerja pengawas. Bagaimana implementasi kompetensi pengawas sekolah di satuan pendidikan dibahas cukup komprehensif dalam buku ini. Buku ini sangat bagus untuk para guru, pengawas, akademisi, peneliti, pemerhati pendidikan, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

PROSIDING SEMADI IV Seni Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Agama

post-img

Read More

Buku Prosiding SEMADI IV yang bertemakan “Seni Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Agama”  berisikan berbagai makalah yang telah disajikan dalam seminar nasional ini. Ranah pembahasan ada pada pendalaman  pembelajaran berbasis agama yang mengedepankan pada pendidikan karakter untuk mewujudkan peradaban bangsa. Isu tentang pendidikan karakter dikaji dalam berbagai perspektif. Buku ini sangat bermanfaat bagi para guru, dosen, peneliti, mahsiswa, dan masyarakat umum.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL AGAMA DAN BUDAYA (SEMAYA V): IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI ABAD-21

post-img

Read More

Buku ini merupakan hasil Seminar Nasional Semaya V yang bertemakan "Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama Hindu di Abad-21”. Tulisan-tulisan yang ada dalam seminar ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam bidang pendidikan agama untuk meningkatkan penguatan dan penghayatan karakter dasar substansi agama Hindu agar dapat melaksanakan dharma secara berkelanjutan. Buku  ini juga diharapkan sebagai referensi dalam memahami secara dalam wawasan keilmuan di bidang pendidikan agama dalam upaya merawat kearifan lokal untuk memantapkan harmonisasi kehidupan dalam kebhinekaan dengan pendekatan yang humanis.

KARAKTER SISWA HINDU DAN FAKTOR PENDUKUNGNYA

post-img

Read More

Karya ini menguraikan beberapa fitur yang berhubungan dengan karakter anak-anak sekolah di Bali. Beberapa faktor dijadikan sebagai bahan penelitian guna menemukan apakah faktor tersebut memiliki pengaruh terhadap perkembangan karakter anak-anak didik di sekolah di Bali. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi para guru, orangtua, siswa dan mahasiswa, pemangku kebijakan sekolah, akademisi dan peneliti.

Prosiding Webinar Nasional Agama dan Budaya (Semaya VI) Tahun 2021: Tantangan dan Strategi Pembelajaran Agama Hindu pada Kelas Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid -19

post-img

Read More

Buku Prosiding  Webinar Nasional Agama dan Budaya (Semaya VI) Tahun 2021 ini adalah sebagai upaya menjawab tantangan dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19, yang banyak bergeser dari bentuk pendidikan sebelumnya. Hal ini membawa para pelaku dunia pendidikan, khususnya pendidikan Agama Hindu untuk menemukan dan menggunakan strategi baru dalam kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai dengan baik, yang diuraikan dalam bentuk makalah. Dengan itu, telah terhimpun 22 makalah yang disampaikan secara oral dan terekam dalam wujud buku ini.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL ANAK USIA DINI (SEMADI 5): STIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK

post-img

Read More

Buku prosiding ini menguraikan segala macam stimulus pembelajaran berbasis otak. Potensi perkembangan dan pertumbuhan otak berada 80% di masa usia 0-8 tahun pertama. Montessori mengungkapkan bahwa masa ini anak berada pada masa peka (sensitif period) dan masa keemasan (golden periode) pada masa ini anak memerlukan stimulus yang mampu memberikan sensasi menyenangkan dan menarik bagi pengalaman awal anak. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget juga mengungkapkan bahwa anak belajar melalui proses asimiliasi, akomodasi dan equilibrium. Pengalaman awal anak mempengaruhi pengalaman selanjutnya secara nyata sehingga proses pembelajaran sangat erat kaitannya dengan otak.

Otak memberikan kode dan langsung terintegrasi dengan syaraf-syaraf keseluruh tubuh sehingga tubuh akan merespon segala hal yang diterima oleh otak. Pembelajaran berbasis otak memberikan sumbangan kecepatan berpikir pada anak yang telah terbagi pada bagian-bagian otak yang masing-masing memiliki fungsinya. Kegiatan yang dapat diberikan kepada anak akan mendorong anak untuk berpikir dan memberikan stimulus yang baik di setiap pergerakan tubuhnya, sehinggga anak tidak merasa bosan dengan kegiatan yang berbasis otak dan anak mendapatkan pembelajaran tepat sasaran sesuai dengan fungsi otaknya. Hal ini juga akan mendorong perkembangan dan pertumbuhan setiap sel otak anak dengan berbagai stimulasi pembelajaran otak.