Katalog IHDN Press

Title: Prosiding Seminar Nasional: Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa
Series:
Published by: IHDN PRESS
Release Date: 1 Maret 2018
Contributors: Para Penulis dan Pembicara Seminar Nasional Program Studi Magister Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali Program Pascasarjana IHDN Denpasar, 7 Maret 2018
Pages: 329
ISBN: 978-602-61868-7-4

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari  Seminar nasional Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa, Program Studi Magister Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali Program Pascasarjana IHDN Denpasar yang diselenggarakan pada Tanggal 07 Maret  2018. Seminar ini bertujuan untuk menggali, melihat, dan memprediksi bagaimana permasalahan Bahasa dan Sastra mampu menjadi identitas bangsa, mampu berperan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sebagai upaya peningkatan kecerdasan mental dan membangun sikap multikultur. Selama ini masalah Bahasa terutama Bahasa daerah masih menjadi polemik di kalangan masyarakat karena disinyalir akan ditinggalkan oleh generasi penerus. Jika banyak bahasa daerah yang punah, maka banyak peradaban yang luhur akan lenyap.  Atas dasar fenomena tersebut, buku prosiding ini  menguraikan permasalahan tersebut. Harapan yang hendak dicapai adalah menemukan sebuah format akademik bagaimana permasalahan tersebut bisa diurai. Apa yang ada di dalam pemikiran dengan yang ada di lapangan masih belum sejajar. Pemikiran yang berkembang di lapangan adalah ingin menjaga warisan budaya tersebut agar tetap lestari tetapi di lapangan generasi muda mulai malas menggunakan Bahasa Daerahnya. Buku ini sangat berguna untuk kalangan akademisi dan praktisi dalam menggali lebih dalam fokus persoalan-persoalan tersebut.

Full View This Book

Also in this series:

Book 1

Title: IHDN Zaman Now
Series: Book #1
Published by: IHDN Press
Release Date: 19 Februari 2018
Contributors: Tim IHDN Denpasar Zaman Now
Genre:
Pages: 72
ISBN: 978-602-61868-6-7

IHDN Zaman Now merupakan buku sejarah dan profil Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar yang ditampilkan dengan gaya  populer. Disajikan kaya dengan foto bercerita, narasi yang tidak dominan demi memudahkan dan manjauhkan kejenuhan. Buku ini mengusung tema Besar IHDN "Zaman Now" yang secara kontekstual kekinian. Penerbitan buku ini diharapkan dapat memberikan informasi komprehensif untuk menjalin komunikasi yang konstruktif sehingga masyarakat dapat memperoleh kesempatan untuk memiliki dan memberikan akses informasi tentang IHDN Denpasar.

Full View This Book

Also in this series:

Book 1

Title: Potret Desa Trunyan Masa Kini (Sebuah Study Etnografi)
Series: Book #1
Published by: IHDN PRESS
Release Date: 18 Oktober 2017
Contributors: Tim Peneliti UKM Penalaran dan Riset
Genre:
Pages: 200
ISBN: 978-602-61868-5-0

Buku ini adalah hasil sebuah penelitian etnografi dari Tim UKM Penalaran dan Riset IHDN Denpasar di bawah bimbingan para pembinanya. Buku ini memberikan gambaran yang jelas terkait budaya Trunyan pada masa kini. Karya besar Etnografi Prof James Danandjaja tentang Kebudayaan Petani di Desa Trunyan menjadi dasar kajian pustaka dalam karya ini. Membaca buku ini tampak bagaimana kebudayaan bertransformasi menuju arah kontemporernya. Buku ini sangat menarik dibaca oleh para mahasiswa, akademisi dan peneliti untuk memperkaya pemahamannya terkait makna perubahan sebuah kebudayaan.

Full View This Book

Also in this series:

Potret Trunyan Masa Kini

Trunyan

Book 1

Title: Proceeding The 1st Dharma Duta Faculty International Seminar on Communication Tourism Cultural Law and Social Science
Series: Proceeding #1
Published by: IHDN PRESS
Release Date: 26 Mei 2017
Contributors: Presenters of The 1st Dharma Duta Faculty International Seminar
Pages: 699
ISBN: 978-602-74659-9-2

This proceeding is compilation of excellence papers on the 1st International Seminar organized by the Faculty of Dharma Duta, State Hindu Dharma Institute (IHDN) of Denpasar with the main themes of the seminar are Communication, Tourism, Culture, Law, and Social Sciences, held on Friday, the 2nd June 2017 at The Inna Grand Bali Beach Hotel in Sanur Bali, Indonesia.

Full View This Book