Katalog IHDN Press

Title: CARU DALAM UPACARA DI BALI
ISBN: 978-623-7294-00-9Penulis: I Gusti Ngurah SudianaPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 2019/30/04
Genre:
Pages: 96

Buku karya Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si ini mengungkap esensi Caru yang dibuat dan dilaksanakan di Bali sebagai sebuah upaya somia kepada para Bhuta agar nantinya, mereka tidak mengganggu aktifitas keseharian manusia, sehingga masyarakat bisa hidup tenang, tanpa gangguan. Di dalam Hindu, roh-roh yang ada atau disebut Bhuta Kala tidak dimusuhi, tetapi justru disupat agar energi negatif yang ditimbulkannya berubah menjadi positif sehingga tidak mengganggu kehidupan masyarakat.

View or Download

Title: Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si: Dwi Warsa Kepemimpinan Rektor IHDN Denpasar
ISBN: 978-623-7294-16-0Penulis: Tim Penyusun: I Gusti Ngurah Sudiana, I Made Budiasa, I Made Adi Wirawan, Ni Luh Komang Indah Sari, I Putu Adi Saskara, Niluh Ari Kusumawati, I Dewa Ayu Puspadewi.Published by: IHDN PRESS
Release Date: 02 November 2019
Pages: 80

Buku Dwi Warsa Kepemimpinan Rektor IHDN Denpasar ini merupakan sebuah karya Fotografi Jurnalistik  yang menarasikan jejak-jejak kegiatan selama kepemimpinan Rektor IHDN Denpasar  2017 -2019. Satu foto adalah sejuta kata, buku ini bercerita jutaan kata yang terepresentasi dari fotografi yang disajikan. Buku ini bertemakan Dwi Warsa Dharma Widya dan Budaya dengan gaya visual kontemporer, dapat menjadi inspirasi utamanya terkait kepemimpinan dan kerukunan.

View or Download

Title: Ekspatriat dan Pariwisata Berkelanjutan
ISBN: 978-602-52589-7-8Penulis: Nararya Narottama, SE., M. Par., M. Rech.Published by: IHDN PRESS
Release Date: 30 November 2018
Genre:
Pages: 96

Para ekspatriat ternyata memiliki peran dan berkontribusi dalam perkembangan pariwisata berkelanjutan di Bali. Secara garis besar, pokok bahasan buku ajar ini adalah ingin mengajak pembacanya untuk mengetahui bagaimana para ekspatriat di Ubud berusaha untuk eksis dan berkontribusi pada pariwisata berkelanjutan di Bali.

View or Download

Title: PROSIDING SEMINAR NASIONAL GENDER HARMONISASI GENDER DALAM KELUARGA PADA ZAMAN NOW
ISBN: 978-602-61868-8-1Penulis: Para Penulis dan Pemakalah Seminar Nasional Gender LP2M 2018Published by: IHDN Press
Release Date: Agustus 2018
Genre:
Pages: 177

Buku Prosiding Seminar Nasional ini bertemakan “Harmonisasi  Gender  dalam Keluarga  pada Zaman Now”. Buku ini mendalami makna perjuangan atas termarginalnya perempuan dalam usaha mencapai kesetaraan dan keadilan. Hal ini juga terkait tentang keberadaan anak dalam keluarga pada zaman Now yang sudah semestinya mendapat perhatian yang maksimal yang dimulai dari keluarga. Harmonisasi  gender dalam keluarga menjadi penting untuk terus disuarakan bukan hanya pada tataran wacana saja sebab pendidikan yang pertama dan utama bagi anak adalah keluarga. Anak memiliki kedudukan dalam keluarga, anak pun memiliki  hak untuk dilindungi oleh ayah dan ibunya sebagaimana Kitab Nitisastra menyebutkan tentang Panca Vida.  Seorang perempuan yang berkedudukan  sebagai ibu pun dalam keluarga  mesti mendapatkan keharmonisan. Oleh karena ibu yang notabena seorang perempuan  dalam peran domestiknya yang tidak jarang pula menjalani peran publik harus tetap diupayakan equality agar tidak mengalami beban ganda. Anak-anak terutama pada generasi milenial dan tergolong generasi Z, perlakuan terhadap mereka oleh keluarga menjadi fokus perhatian agar mereka terarah dalam tuntunan menghadapi kehidupan. Buku ini dengan tuntas membahas terkait hal-hal ini. Selamat membaca.

View or Download

Title: Kawasan Suci Pura Tanah Lot dan Destinasi Wisata
ISBN: 978-602-52589-2-3Penulis: I Made GirinataPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 25 September 2018
Pages: 268

Buku ini menggambarkan terkiat apa, bagaiman dan mengapa komodifikasi terhadap wilayah yang disucikan, khususnya areal suci Pura Tanah Lot sebagai tujuan wisata.  Berbagai isu sentral yang dijadikan alasan terkait komodifikasi yang terjadi pada kawasan suci tanah lot. Bagaimana kronologi permasalahan-permasalahan yang terjadi dari awal sampai saat ini.

View or Download

Title: MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA PENGAWAS AGAMA HINDU
ISBN: 978-602-53968-5-4Penulis: Ni Wayan Arini, dan Putu Santi OktarinaPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 30/04/2019
Genre:
Pages: 81

Peningkatan profesionalitas guru dalam bidang pendidikan terutama pendidikan agama dan pembangunan tidak lepas dari adanya pengaruh motivasi dan budaya kerja pengawas. Implementasi kompetensi pengawas sekolah di satuan pendidikan adalah melakukan supervisi managerial yakni menilai dan membina guru di sekolah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan administrasi dan supervisi akademik pengawas, yang berhubungan langsung dengan kinerja guru di kelas. Supervisi akademik adalah kegiatan menilai dan membina guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar diperoleh hasil belajar peserta didik yang lebih optimal. Supervisi akademik atau pengawasan akademik adalah fungsi pengawas yang berkenaan dengan aspek pelaksanaan tugas pembinaan, pemantauan, penilaian dan pelatihan profesional dalam melaksanakan tugas pokok guru

View or Download

Title: NATIONAL SEMINAR PROCEEDING ON TRENDS AND ISSUES IN LANGUAGE, LITERATURE, AND EDUCATION
ISBN: 978-623-7294-10-8Penulis: Reviewer: ,I Nyoman Ananda, I Ketut Arta Widana.Denok Lestari; Editor: Made Iwan Indrawan JendraPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 16/08/2019
Pages: 200

This proceeding is a collection of articles that have been presented in English Language Education National Seminar 2019 conducted by English Language Education of Dharma Acarya Faculty which is hopefully able to enlighten the readers about trends and issues in Language, Literature and Education from various perspectives. Constant changes in Language, Literature and Education especially in English Education always lead to warm discussions around this topic. Second Language Learning and Education will always evolve to accompany the flow of changes that occur in the current industry 4.0 era. So this topic is deemed necessary to be a subject of discussion for academics who pursue the Second Language Learning and Education field so that learning materials always develop according to the needs of the students in this era.

View or Download

Title: PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
ISBN: 978-602-53968-8-5Penulis: Sang Ayu Made RasminiPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 2019/30/04
Genre:
Pages: 59

Buku ini adalah karya Sang Ayu Made Rasmini merupakan buku yang memuat tentang bagaimana hasil penerapan dari metode belajar dengan diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya belajar Agama Hindu. Berbagai pemahaman dan hasil riset terkait penerapan metode diskusi kelompok dibahas cukup detail dalam buku ini.

 

View or Download

Title: PEREMPUAN HINDU DALAM LINGKARAN POLITIK DI BALI
ISBN: 978-602-53968-2-3Penulis: Si Luh Nyoman SeriadiPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 2019/01/16
Genre:
Pages: 146

Buku karya Dr. Si Luh Nyoman Seriadi, S.Pd., S.Ag., M.Pd. merupakan upaya untuk lebih mendalami kajian agama Hindu yang dituangkan dalam judul” Perempuan Hindu dalam Lingkaran Politik di Bali”.  Ada banyak masalah yang dipaparkan tentang isu-isu, seperti penyebab lemahnya partisipasi politik perempuan Hindu di Bali, mengenai sejauh mana eksistensi perempuan Hindu dalam kegiatan politik di Bali, dan implikasi kegiatan politik perempuan Hindu di Bali. Pergulatan ketika permasalahan inilah yang dinarasikan secara luas oleh penulis sehingga membentuk sebuah diaroma bagaimana semestinya perempuan Bali bersikap, terutama dalam partisipasinya dalam politik praktis.

View or Download

Title: PROCEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE on Theology, Philosophy and Religion (ICTHEPRES)
ISBN: 978-602-53968-0-9Penulis: Para Penulis dan Pemakalah ICTHEPRES; Editor: I Ketut Donder; Reviewer: I Gede Suwantana, I Made Redana, I Dewa Ayu Hendrawathy PutriPublished by: IHDN Press
Release Date: 16-01-2019
Pages: 283

This Proeeding International conference is a great program to the IHDN as an effort to deepen and disseminate the teachings of Theology, Philosophy and Religion, especially those relating to Hinduism. This is important because, Hinduism has an understanding, concepts, and values ​​that are so broad and have very diverse traditions. This makes Hindus appear to vary according to the conditions and concepts of the teachings that they embrace. This difference shows that Hinduism is very rich, and in accordance with the universal slogans it adheres to. This is seen how the Hindu tradition in India was carried out, as well as in other parts of the world, including in Indonesia.

View or Download

Title: PROSIDING Seminar Nasional Anak Usia Dini (SEMADI 4): Seni Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Agama
ISBN: 978-623-7294-11-5Penulis: Penulis dan Pemakalah Seminar SEMADI 4; Reviewer : Dr. I Wayan Suyanta, SE., M.Si Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari, M.Pd; Editor : Dr. I Gede Sedana Suci, SE., M.Ag Gede Rai Parsua, S.Ag., M.PdPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 23/09/2019
Genre:
Pages: 132

Buku Prosiding SEMADI IV yang bertemakan “Seni Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Agama”  berisikan berbagai makalah yang telah disajikan dalam seminar nasional ini. Ranah pembahasan ada pada pendalaman  pembelajaran berbasis agama yang mengedepankan pada pendidikan karakter untuk mewujudkan peradaban bangsa. Isu tentang pendidikan karakter dikaji dalam berbagai perspektif. Buku ini sangat bermanfaat bagi para guru, dosen, peneliti, mahsiswa, dan masyarakat umum.

View or Download

Title: PROSIDING SEMINAR NASIONAL (SEMAYA IV): PENGUATAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
ISBN: 978-602-52589-6-1Penulis: Penulis dan Pemakalah Seminar Nasional Semaya IVPublished by: IHDN PRESS
Release Date: 24 Oktober 2018
Genre:
Pages: 166

Proseding Penguatan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar memuat problema kekinian dalam praktek penyelenggaran pendidikan yang mengikuti perkembangan gaya hidup masyarakat. Teknologi informasi memberikan pengaruh yang begitu kuat. Tujuan pendidikan agama adalah membentuk sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter unggul. Bagaimana gaya hidup masyarakat dalam era revolusi industri 4.0 ini dapat disinergikan dengan pendidkan melalui proses pembelajaran formal di suatu institusi pendidikan diungkap dari berbagai perspektf pada prosiding ini,

 

View or Download